Syarat Terbaru Agar Youtube Bisa Di Monetisasi

syarat terbaru agar youtube bisa di memonetisasi


Mungkin sudah banyak yang tau, bahwa youtube kembali merilis peraturan baru-baru ini, kebijakan youtube tidak lain dan tidak bukan untuk cretor youtube atau biasa kita sebut youtuber yang ingin memonetisasi youtube channelnya untuk mendapatan iklan sekaligus penghasilan dari youtube. Menurut saya peraturan terbaru sangat tidak menguntungkan bagi youtuber pemula yang baru merintis.

Sebelumnya saya sudah share peraturan youtube pertama di artikel saya yang berjudul Youtube Mengalami Krisis. Saya berpikir peraturan tersebut sudah sangat sulit kita capai jika youtuber pemula tidak berusaha keras membuat konten yang benar-benar menarik viewer yang sangat banyak untuk bisa memonetisasi youtube channel mereka.

persyaratan baru youtube untuk memonetisasi channel youtube
Dari screenshot di atas adalah peraturan youtube terbaru yang di keluarkan. Ada beberapa tambahan di peraturan tersebut agar seorang creator atau youtuber dapat memonetisasi youtube channel mereka diantaranya
- Wajib memiliki 1000 subscriber
- Waktu tonton minimal 4.000 jam dalam 12 bulan / 1 tahun channel itu di buat

Dari peraturan tersebut sudah jelas sangat sulit menurut saya untuk hanya sekedar memonetisasi youtube channel youtuber pemula yang baru saja merintis dan terjun di dunia youtuber, olehh karena itu youtuber pemula wajib bekerja keras untuk membuat konten yang sangat menarik dan fresh agar dapat segera mendatangkan viewer minimal 4.000 dalam 12 buln / 1 tahun dan 1.000 subscriber di channel youtube mereka.

Youtube melakukan perubahan persyaratan dan peraturan dalam memonetisasi youtube channel bukan tanpa alasan. Youtube melakukan ini dengan tujuan menghilangkan reupoder yang mengambil untung dari youtuber creator dengan cara curang. Bagai mana tidak curang? Anggap saja creator membutuhkan waktu 1 minggu untuk berpikir dan membuat konten yang menarik tetapi reuploder hanya membutuhkan waktu tidak sampai 1 hari untuk reupload video dari creator dengan cara download video, edit sedikit di video yang mereka download lalu upload. Bahkan ada beberapa channel reuploader yang lebih banyak viewernya dari pada si pembuat video yang asli.

Di sisilain, saya juga berpendapat bahwa peraturan tersebut tidak akan membuat jera si uploader malah akan membuat youtuber pemula sebagai creator sulit merangkak naik karena setiap konten mereka yang berpotensi memiliki viewer tinggi akan di reuploader oleh youtuber reupload.

Namun saya punya beberapa cara untuk mendatangkan viewer maupun mendatangkan subscriber dan mengatasi reuploader. Untuk mendatangkan viewer maupun subscriber sudah saya jelaskan di artikel saya yang berjudul, Cara Meningkatkan Viewer Dan Subscriber Youtube. Lalu untuk cara mengatasi youtuber reuploader ada 3 macam cara
1. Berikan copyright pada setiap video yang kita punya
Agar nantinya saat video kita di reupload si reuploader akan mendapatkan teguran dari phak youtube. Memang cara ini tidak begitu efektif tapi apa salahnya melakukan ini untuk melindungki konten video kita yang sangat berharga.
2. Laporkan video kita yang di reupload
Dengan cara melaporkan video yang reupload kita akan di proses dan di tinjau terlebiih dahulu permintaan kita. Untuk melaporkan biasanya ada di sisi pojok kanan tombol opsi lalu pilih laporkan dan pilih alasanya
3. Laporkan channel reupoloader yang mereupload video kita
Tidak jauh beda dengan cara nomor 2, kita disini akan melaporkan langsung ke channel tersebut. Untuk melaporkan kalian tinggal masuk kedalam channel tersebut lalu cari tombol opsi dan pilih laporkan channel, setelah kalian pilih kalian pilih lagi alasanya.


Itulah peraturan youtube terbaru, semoga para youtuber pemula semakin bersemangat dalam membuat konten yang benar-benar fresh dan menarik untuk di tonton sehingga dapat mendatangkan viewer dan subscriber di chanel kalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close